Pekembangan Teknologi Informasi pada Perbankan Syariah

July 8, 2008 at 2:04 pm | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Dalam hal Informasi Teknologi (IT), hampir seluruh perbankan syariah belum banyak memanfaatkan kemajuan dibidang IT. Hal ini dikarenakan keterbatasan SDM perbankan syariah yang menguasai IT, ataupun keterbatasan ahli IT yang mengerti tentang mekanisme dan sistem kerja dari perbankan syariah. IT merupakan investasi yang mahal, sementara kondisi keuangan perbankan syariah saat ini belum se-established perbankan konvensional. Hal lainnya adalah belum adanya vendor yang berniat untuk berinvestasi dibidang perbankan syariah.

Kurangnya inovasi di perbankan syariah,keterbatasan IT, kurang kompetitifnya pembiayaan perbankan syariah dan juga untuk meningkatkan kemampuan praktisi perbankan syariah dalam membaca pasar dan mengedukasi nasabah tidak terlepas dari kualitas SDM dalam industri ini. Berdasarkan data yang terkumpul, kurang dari 50 persen SDM perbankan syariah yang berlatar belakang syariah. Sebagian besar SDM bank syariah masih berlatar belakang konvensional. Lambannya industri pendidikan dalam mengantisipasi kebutuhan industri perbankan syariah ini tidak terlepas dari keterlambatan lahirnya pendidikan dibandingkan dengan industri keuangan, keterbatasan publikasi maupun buku-buku serta ketiadaan linkage yang menghubungkan antara perbankan syariah dengan pendidikan syariah hampir tidak terwujud. Padahal jika linkage antara pendidikan keuangan syariah dengan lembaga perbankan syariah dapat dibangun dapat dihasilkan sejumlah temuan-temuan baru yang  akan sangat mendukung pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia.

Penerapan IT di perbankan syariah mutlak diperlukan dalam memenuhi tuntutan nasabahnya, hal ini tidak hanya terkait dengan pangsa pasar yang terikat secara emosional tetapi juga peningkatan kualitas pelayanan dalam proses manajemen dan produk-produk itu sendiri.Oleh karena itu, perbedaan produk dalam bank syariah perlu mendapat perhatian khusus serta memiliki konsep security networking yang kuat sehingga menciptakan image yang baik dalam keamanan dan kenyamanan ekonomi.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.